Tuesday 8 March 2011

Format File Foto

Sekarang qt bahas tentang Jenis" Format File dalam foto ya... ok ok


Format file foto atau lebih sering disebut Extension punya berbagai jenis.
   1. Bitmap / BMP
   2. PSD / Photoshop Digital
   3. JPEG / Joint Photographic Expert Group
   4. RAW
   5. TIFF / Tagged Image File Format
   6. GIF  / Graphics Interchange Format
   7. PNG / Portable Network Graphics
 

Klo masie bingung ini nie penjelasannya : kakashifull


Bitmap / BMP

Format ini sering digunakan untuk format grafis. Bitmap merupakan representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer.


PSD / Photoshop Digital

Bagi seorang yang suka editing format ini pasti gak asing lagi kan ??? Format ini adalah format foto yang sering digunakan supaya foto dapat diedit lagi, misalkan pada Background, Layer dll.


JPEG / Joint Photographic Expert Group

Ini adalah format foto yang sering digunakan. JPEG merupakan skema kompresi file bitmap.  Awalnya, file yang menyimpan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis.

Dengan format baru ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi (dimampatkan) sehingga ukurannya kecil. Meskipun kompresi gambar JPEG sangatlah efisien dan selalu menyimpan gambar dalam kategori warna true color (24 bit), format ini bersifat lossy, yang berarti bahwa kualitas gambar dikorbankan bila tingkat kompresi yang dipilih semakin tinggi.

Nah buat sekedar tau aja nie format ini dikembangkan awal tahun 1980. Implementasi format JPEG terbaru dimulai sejak tahun 1996 dan semakin berkembang dengan inovasi format baru yang menyertai perkembangan teknologi yang memanfaatkan format JPEG lebih luas. Walaupun format JPEG merupakan metode  kompresi gambar yang gratis, sebuah perusahaan bernama Forgent pada tahun 2002 mempatenkan format ini dan akan menarik biaya lisensi. Segera Group JPEG mengumumkan sebuah format JPEG 2000 sebagai sebuah format pengganti. Namun dua hal di atas terlambat, karena JPEG sudah digunakan secara luas dan hak paten belum ditetapkan oleh pengadilan.


RAW

Ini dia Format yang sering digunakan oleh para fotografer profesional. Format ini merupakan format foto mentah dari foto yang belum mengalami proses editing.

Keunggulan dalam format RAW ini adalah detailnya yang masie terlihat jika diperbesar. Selain itu dengan format RAW ini dapat dengan mudah  mengontrol exposure dan memperbaiki kontras dengan disparitas yang besar. Proses editing lain seperti saturasi warna, kontras, brightness fill light, recovery, white balance, tone curve pada shadow dan highlight, serta ketajaman dapat dilakukan dengan mudah dengan format RAW ini. Selain itu proses editing yang qt lakukan tidak akan mengubah koreksi data historisnya seperti kalau qt mengedit dengan Photoshop.

Nah ini nie permasalahannya detail yang bagus tentu berkorelasi dengan jumlah byte yang besar. RAW tidak terkompresi hasil dari perubahan sinyal elektronik dari sensor So... diperlukan memori yang besar dan waktu yang lama ketika mengedit file dalam bentuk RAW. Oleh sebab itu penggunaan RAW ketika memotret mengurangi kemampuan burst mode atau continuous shooting. Tapi para fotografer profesional tetap menyukai format file RAW ini karena gradasi warna, detail, dan ketajamannya sangat bagus.

Data yang dihasilkan prosessor dalam bentuk RAW tidak bisa dilihat langsung dengan photoshop tanpa menggunakan software pendukung, misal plug in Adobe Converter RAW atau software khusus bawaan kamera. Extension RAW dari beberapa kamera bisa dilihat dsini : 

    * .3fr (Hasselblad)
    * .ari (ARRIFLEX)

    * .arw .srf .sr2 (Sony)
    * .bay (Casio)
    * .crw .cr2 (Canon)
    * .cap .iiq .eip
    *  (Phase_One)
    * .dcs .dcr .drf .k25 .kdc (Kodak)
    * .dng (Adobe)
    * .erf (Epson)
    * .fff (Imacon)
    * .mef (Mamiya)
    * .mos (Leaf)
    * .mrw (Minolta)
    * .nef .nrw (Nikon)
    * .orf (Olympus)
    * .ptx .pef (Pentax)
    * .pxn (Logitech)
    * .R3D (RED)
    * .raf (Fuji)
    * .raw .rw2 (Panasonic)
    * .raw .rwl .dng (Leica)
    * .rwz (Rawzor)
    * .x3f (Sigma)


TIFF / Tagged Image File Format

Format yang dihasilkan dari file format RAW, memiliki kualitas yang lebih baik daripada format JPEG karena detail warna dan gradasinya lebih bagus dibandingkan dengan JPEG. Format TIFF merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi. Ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar.

Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format gambar TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Selain itu, format ini mudah digunakan untuk transfer antar program. Hampir semua program yang mampu membaca format berkas bitmap juga mampu membaca format berkas TIFF.


GIF  / Graphics Interchange Format

Format GIF merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain  website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.

GIF adalah format gambar asli yang dikompres dengan CompuServe. Bitmap jenis ini mendukung 256 warna dan bitmap ini juga sangat popular dalam internet. Format GIF hanya dapat menyimpan gambar dalam 8  bit dan hanya mampu digunakan mode grayscale, bitmap, dan index color. Format ini merupakan format standar Internet atau publikasi elektronik. Selain itu format ini mendukung penggunaan multiple bitmap dalam satu file sehingga dapat menghasilkan gambar animasi dan merekam penggunaan Transparency Masking. GIF sering digunakan untuk mewarnai halaman HTML pada tag <body background="back.gif">, spanduk (banner), icon, dan lain-lain. GIF juga baik untuk menampilkan gambar dengan komposisi yang tidak menggunakan terlalu banyak warna, seperti gambar kartun. Sementara itu, GIF tidak cocok digunakan untuk menampilkan foto.GIF menggunakan metode Lossless Compression, untuk membuat ukuran file sekecil mungkin. Lossless Compression adalah kompresi yang tidak mengurangi kualitas pada gambar, namun dapat memperkecil besarnya jumlah file, jadi tidak ada penghilangan data pada saat dilakukan kompresi.

Berikut struktur file GIF :
    * Bagian kepala (Header) : Menyimpan informasi identitas file GIF (3 bytes, harus string "GIF") dan versinya (3 bytes, harus string "87a" atau "89a")
    * Global Screen Descriptor : Mendefinisikan logikal screen area di mana masing-masing file GIF ditampilkan.
    * Global Color Table : Masing-masing gambar dalam GIF dapat menggunakan global color table atau tabel warnanya sendiri-sendiri. Penggunaan GCT akan memperkecil ukuran file GIF.
    * gambar1, gambar2, gambar3, ... gambar-n: di mana masing-masing gambar memiliki struktur blok sendiri-sendiri dan terminator antar file.
    * Trailer : Akhir dari sebuah file GIF

Nah untuk sekedar sekilas info tentang GIF nie Format ini menggunakan kompresi algoritma dari LZW (Lempel Zev Welch) yang dimiliki oleh Unisys.  Pemegang hak cipta GIF kini dipegang oleh CompuServe Incorporated. Awalnya GIF adalah format yang bebas royalti bagi semua pengguna namun tahun 1995.  Unisys memutuskan menarik royalti pada vendor pengguna GIF.


PNG / Portable Network Graphics

Format ini merupakan salah satu format penyimpanan citra  yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression). PNG adalah kependekan dari Portabel Network Graphics dan merupakan standar terbuka format image raster yang didukung oleh W3C dan IETF. Pada dasarnya, format PNG bukan merupakan format baru karena telah dikembangkan pada tahun 1995 untuk mengganti format GIF dan format TIFF. Format ini tidak digunakan lagi secara luas oleh browser dan perangkat lunak aplikasi pengolah gambar, sehingga dukungan terhadap format tidak begitu besar hingga tahun 2003, di mana format PNG semakin dikenal dan dipergunakan untuk aplikasi manipulasi gambar.

PNG diciptakan untuk menggantikan keberadaan GIF karena masalah lisensi. Format PNG lebih baik daripada GIF. Masalahnya ada pada kurangnya dukungan yang dimampukan oleh web browser. Format ini dibuat sebagai alternatif lain dari format GIF. Format ini digunakan untuk menyimpan berkas dengan kedalaman 24 bit serta memiliki kemampuan untuk menghasilkan background transparan dengan pinggiran yang halus.

Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF.
Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:
    * Channel Alpha (transparansi)
    * Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:"brightness")
    * Penayangan citra secara progresif (progressive display)

Selain itu, citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF).

Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi.

Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra - karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

PNG merupakan Format berkas grafik yang didukung oleh beberapa web browser. PNG mendukung transparansi gambar seperti GIF, berkas PNG bebas paten dan merupakan gambar bitmap yang terkompresi.

Format PNG menggunakan metode kompresi lossless untuk menampilkan gambar 24-bit atau warna-warna solid pada media daring (online). Format ini mendukung transparansi di dalam alpha channel. Format PNG sangat baik digunakan pada dokumen daring (online), dan mempunyai dukungan warna yang lebih baik saat dicetak daripada format GIF. Akan tetapi pada warna PNG akan ditempatkan pada dokumen InDesign sebagai gambar bitmap RGB, sehingga hanya dapat dicetak sebagai gambar komposit bukan pada gambar separasi.

Secara garis besar, format PNG mempunyai fitur sebagai berikut:
    * Sebagai pengganti format GIF dan TIFF.
    * Format terbuka atau open, efisien, gratis, dan kompresi jenis lossless.
    * Tiga mode warna], yaiut : paletted (8 bit), greyscale (16 bit), truecolour (hingga 48 bit)
    * Dukungan terhadap profile colour, gamma, dan metadata.
    * Mempunyai fitur transparansi serta dukungan penuh terhadap alpha channel.
    * Dukungan luas bagi software menipulasi grafis dan web browser.


Ini contoh tabelnya ya :


By

No comments:

Post a Comment

Photobucket